Pada bulan Agustus 2024, telah dilaksanakan pelatihan penguatan program literasi dan numerasi bagi guru-guru di berbagai jenjang pendidikan, dimulai dari SD. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 10 Agustus 2024. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan melaksanakan program literasi dan numerasi di sekolah masing-masing, sesuai dengan standar nasional yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
Pelatihan ini menghadirkan dua narasumber ahli, yaitu Ibu Ratna Nurlaila, seorang analis pengembangan kompetensi dengan spesialisasi di bidang literasi dan numerasi di Kemendikbudristek dan Ibu Dr. Desi Rahmawati, M.Pd, dosen Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Ketiga narasumber ini memberikan materi secara komprehensif tentang pentingnya literasi dan numerasi dalam membangun fondasi pendidikan yang kuat serta metode efektif untuk mengimplementasikan program ini di sekolah.
Salah satu fokus utama pelatihan adalah pemodelan lokakarya membaca, yang dirancang untuk membantu guru dalam mengembangkan kegiatan membaca yang menarik dan berkesinambungan bagi siswa. Lokakarya ini diharapkan mampu meningkatkan minat baca siswa sekaligus membangun kemampuan literasi yang lebih mendalam. Selain itu, pelatihan ini juga membahas pentingnya penerapan metode pengajaran numerasi yang kontekstual dan mudah dipahami oleh siswa dari berbagai jenjang pendidikan. Program ini dirancang agar guru dapat lebih percaya diri dalam menilai kemampuan siswa serta memberikan intervensi yang tepat untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam literasi dan numerasi.
Sebagai hasil dari pelatihan ini, seluruh tim literasi di sekolah-sekolah diharapkan mampu merancang dan melaksanakan program penguatan literasi dan numerasi yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek. Program ini tidak hanya berfokus pada peningkatan kemampuan membaca dan menghitung siswa, tetapi juga bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang kritis, analitis, dan memiliki kemampuan berpikir logis. Upaya penguatan literasi dan numerasi ini menjadi bagian integral dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, sekaligus mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.
Diharapkan, melalui pelatihan ini, guru-guru mampu menjalankan peran mereka sebagai fasilitator yang efektif dalam membimbing siswa mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi yang menjadi dasar untuk pembelajaran di tingkat yang lebih tinggi. Salam literasi!